Internet sudah menjadi bagian kehidupan. Pun di Kebumen sebagai kota kecil, geliat penggunaan internet sudah cukup tinggi. Paling tidak dibandingkan dengan 2 tahunan yang lalu, keberadaan warung-warung internet (warnet) sekarang mungkin sudah meningkat 3-4 kali lipat jumlahnya.  Di kota Kebumen saja sekarang ada lebih dari 15 warnet dan selalu penuh sepanjang jam sibuk. Sangat luar biasa untuk sebuah kota kecil.

Mengapa luar biasa? Karena disamping keberadaan warnet, kota Kebumen sudah mempunyai beberapa tempat yang menyediakan internet gratis dengan fasilitas free hotspot area. Diawali dari beberapa kantor yang ditujukan untuk kalangan sendiri, belakangan ini sudah banyak tempat menyediakan fasilitas hotspot gratis.

Bagi wong Bumen yang kebetulan mudik, atau pendatang yang sedang singgah di Kebumen tak perlu kuatir walaupun Anda di kota kecil. Masalah akses internet, Kebumen tak kalah dari kota besar, paling tidak tidak kalah dari tetangga kota kecil lainnya. Selain banyaknya warnet,  Anda dapat menikmati layanan hotspot gratis. Free Hotspot antara lain:

  • Internet Gratis Untuk Rakyat yang dapat dinikmati sambil bersantai di seputar alun-alun kota dan komplek perkantoran Setda sampai seputar SMPN 1 yang diusung Pemkab Kebumen.
  • Dilokasi itu juga dapat ada fasilitas free hotspot lain milik Telkom.
  • Disamping itu, seputar Kantor-kantor Dinas Pemkab seperti Kantor Inspektorat/Bawasda, Inforkomtel dll, sinyal hotspot juga lumayan kuat diakses dari seputar kantor.
  • Toserba Jadi Baru di jl. Kusuma
  • Rumah Makan Lesehan Happy Land Jl. Sarbini. Bagi yang ingin menikmati tempat yang nyaman saya merekomendasikan di sini.
  • Seputar Kantor Kebumen Medianet di Karangsari dll

Demikianlah, walaupun kota kecil geliat pemakaian teknologi internet di Kebumen terbilang cukup baik. Dan harus diakui, peran Pemkab terutama Dinas Inforkomtel dalam memasyarakatkan IT dan meng IT kan masyarakat juga patut diacungi jempol.

Sekarang tinggal kita dan masyarakat Kebumen lainnya, siapkah kita dengan  IT sebagai bagian gaya hidup?