kumpulan-segi3Bertempat di balai desa Peniron, Kamis 6 November 2008 berlangsung musyawarah inventarisasi dan penataan asset desa. Rapat yang dimulai jam 14.00 WIB dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD dan LKMD.

Semula, agenda yang dibahas adalah penataan asset/tanah desa, persiapan pemilihan perangkat desa baru, wacana penataan galian C, pembuatan pasar terpadu dan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) gabungan untuk pembahasan draft Peraturan Desa. Tetapi karena waktu yang terlalu sempit, sementara materi pembahasan yang cukup banyak, maka musyawarah hanya membahas penataan asset dan sekilas pembentukan Pansus Perdes.

Keputusan musyawarah antara lain:

  1. Inventarisasi dan penataan asset tanah tetap dilakukan oleh Tim Inventarisasi dan Penataan Asset Desa seperti yang sudah berjalan.
  2. Tim diberi waktu paling lama 2 (dua) minggu untuk menyelesaikan konsep penataan dan akan diplenokan pada musyawarah desa. Hari Jumat akan langsung dilakukan pengukuran lapangan, dan hari Sabtu konsep langsung dimusyawarahkan.
  3. Sebelum Perdes mengenai lelang/sewa garapan tahunan tanah kas desa dan tanah bengkok selesai, kesepakatan mengenai besaran harga lelang asset, sementara menggunakan keputusan musyawarah pada hari ini.
  4. Prioritas peserta lelang adalah anggota BPD, LKMD dan lembaga desa lain sebagai bentuk penghargaan dan untuk memotivasi kerja karena desa belum mampu memmberikan kesejahteraan.
  5. Penataan tanah bengkok yang digadaikan kepada pihak ketiga, akan diselesaikan setelah Tim menyelesaikan lelang pertama.
  6. Draft Perdes yang telah dibuat BPD akan digodok oleh Pansus termasuk melalui penjaringan aspirasi dan public hearing.
  7. Untuk pencalonan dan pengangkatan perangkat baru menunggu Perdes selesai.
  8. Dan lain-lain….