Paguyuban Mbangun Deso adalah paguyuban yang beranggotakan warga Peniron. Paguyuban ini didirikan pada bulan Juli tahun 2007 setelah Pilkades. Berdirinya paguyuban ini memang tidak bisa dilepaskan dari pendukung salah satu calon Kepala Desa terpilih yang akhirnya sepakat menjaga kebersamaan pada saat Pilkades menjadi sebuah perkumpulan yang lebih terarah. Maka dipilihlah sebuah bentuk organasasi yang dinamai Paguyuban Mbangun Deso.

Meskipun didirikan oleh bekas pendukung salah satu calon Kades dan pada awalnya kental bernuansa politis, tetapi paguyuban Mbangun Deso bukanlah perkumpulan yang ekslusif dan tujuannya justru agar Peniron bisa bersatu tanpa ada sekat akibat masalah politik.

Paguyuban Mbangun Deso bersifat terbuka bagi seluruh masyarakat khususnya desa Peniron yang mempunyai kepedulian untuk kamajuan desanya. Harapannya adalah, dipunyainya rasa cinta, sosial dan peduli terhadap desa.

Tujuan dibentuknya paguyuban antara lain:

  1. Sebagai media silaturahmi dan komunikasi antar masyarakat sehingga pada akhirnya paguyuban dapat menjadi salah satu alat pemersatu masyarakat desa.
  2. Sebagai sarana penyampaian aspirasi sekaligus perencanaan program pemerintah desa, sekaligus sarana bagi masyarakat khususnya anggota untuk berlatih berorganisasi dan menguatkan kepedulian terhadap desanya.
  3. Sebagai pengawal sekaligus alat kontrol di luar lembaga desa bagi program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa.

Anggota aktif paguyuban saat ini berjumlah 85 orang yang berasal dari 8 dusun di Peniron. Kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah melakukan pertemuan rutin disertai arisan yang dilaksanakan sebulan sekali. Tempat pertemuan diundi setiap bulan dan dilakukan bergilir dari dusun ke dusun.
Pada setiap pertemuan, disamping arisan dan penggalian gagasan dari masing-masing dusun juga diadakan dialog dengan lembaga-lembaga desa, utamanya Pemerintah Desa.
Dalam setiap pertemuan, Kepala Desa yang selalu hadir juga menyampaikan progress dari program-program yang tengah dijalankan maupun kesulitan-kesulitannya. Dengan sessi ini, anggota paguyuban bebas memberikan tanggapan, usulan maupun kritik sehingga diharapkan program yang sedang dijalankan bisa sesuai tujuannya.

Paguyuban juga telah membentuk koperasi yang dinamai sama dengan paguyuban yaitu “Koperasi Mbangun Deso” dan saat ini masih dalam proses untuk mendapatkan status berbadan hukum di Departemen Koperasi. Tetapi sampai saat ini, perjalanan koperasi memang belum berjalan sesuai harapan karena terkendala dengan kesibukan pengurusnya. Memang ada beberapa kegiatan yang sudah berjalan diantaanya adalah penyediaan sarana produksi pertanian berupa pupuk. Kedepan, mudah-mudahan koperasi bisa mewujudkan tujuannya yaitu menyejahterakan anggotanya melalui usaha-usaha yang sudah diprogramkan.

Bagi Anda, mungkin mempunyai saran dan kritik demi tercapainya tujuan paguyuban ini? Atau bahkan bisa membantu karena Anda mempunyai pengalaman yang dapat ditularkan kepada kami? Kami tunggu dengan senang hati….