Bertempat di balai desa Peniron, hari Kamis 26 Juni 2008 berlangsung sosialisasi ADD (Alokasi Dana Desa) tahun 2008. Seperti biasa jika berkaitan dengan duit, maka sosialisasi dihadiri banyak undangan dari unsur Pemdes, BPD, LKMD, PKK, Karang Taruna, Tokoh Masyaakat sampai ketua-ketua RW dan RT.

Tahun ini, dana ADD untuk desa Peniron sekitar Rp. 130 juta dan kemungkinan akan cair pada sekitar pertengahan bulan Oktober. Sesuai ABPDes Desa Peniron tahun 2008, dana ADD dimasukkan sebagai salah satu pos pendapatan desa. Tahun ini, dana tersebut dianggarkan khusus untuk membiayai perbaikan lapangan desa, operasional Pemdes dan lembaga lain seperti BPD, LKMD, PKK dan Karang Taruna.

Untuk kegiatan fisik selain perbaikan lapangan, anggaran terbesar dialokasikan untuk perbaikan/rabat beton jalan menuju Klapasawit atas sejauh kurang lebih 800 meter.

Sayangnya, sampai sosialisasi ADD tahun ini, belum satupun pihak-pihak penerima bantuan ADD yang menyampaikan LPJnya, kecuali pembangunan jalan Jati – Watucagak. Untuk dana yang dikelola Pemdes, BPD, LKMD, Karang Taruna dan PKK, sampai saat ini belum satupun yang membuat LPJ.

Ini tentu menjadi keprihatinan kita bersama dan menjadi kendala pada misi pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Untuk berbenah, semua kembali pada kemauan pihak-pihak yang terkait.