BPD

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah lembaga perwujudan demokrasi desa sebagai buah dari otonomi daerah sesuai UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Sebelum berubah menjadi Badan Permusyawaratan Desa sesua UU No. , dahulu kepanjangan BPD adalah Badan Perwakilan Desa.

Pembentukan BPD di Kabupaten Kebumen didasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 5 Tahun 2000 tentang Pembentukan Badan Perwakilan Desa. Di desa Peniron, anggota BPD masa bhakti 2001-2006 dipilih melalui pemilihan suara langsung di tingkat desa. Sesuai dengan Perda terbaru, anggota BPD dipilih berdasarkan keterwakilan wilayah, dan untuk desa Peniron anggota BPD dipilih mewakili Kadus. Karena dikategorikan desa besar sesuai dengan jumlah penduduknya, maka jumlah anggota BPD Peniron adalah 11 orang (pola maksimal).

Fungsi BPD antara lain:

  1. Mengayomi adat istiadat,
  2. Membuat Peraturan Desa,
  3. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta
  4. Melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Adapun tugas dan kewajiban BPD antara lain:

  1. Mengangkat dan memberhentikan Kepala Desa
  2. Bersama pemerintah desa membuat Peraturan Desa,

Hak-hak BPD antara lain:

  1. Hak menyampaikan pendapat, bertanya dan usulan;
  2. Menerima kesejahteraan

BPD Peniron 2001 – 2006 sebagai berikut:

Ketua : Dra. Suparti

Wakil Ketua : Sukarwan

Anggota : Rebin

Anggota : Siwan

Anggota : Mashudi

Anggota : Suwartono

Anggota : Mukhlisin

Anggota : Muktini

Anggota : Suyuti

Anggota : Samijo

Anggota : Sumarjo

BPD Peniron 2007 – 20013 adalah:

Ketua : Suharyanto

Wakil ketua : Darsono, S.Pd

Sekretaris : Kasno, S.Pd

Bendahara : Somaji

Anggota : Syadien

Anggota : Tirtawijaya

Anggota : Purwadi

Anggota : Suyuti

Anggota : Qosidan

Anggota : Agus Khamim, S.Ag

Sekretariat BPD : Tidak ada.

Program Kerja BPD 2007 – 20013:

VISI: ASPIRATIF, DEMOKRATIS, KONSTRUKTIF, AKUNTABEL

1. Pembuatan Peraturan Desa antara lain:

a. Perdes APBDes

b. Perdes Pungutan Desa

c. Perdes Pencalonan, Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa

d. Perdes Pembentukan LKMD

e. Perdes Pembentukan RT/RW

f. Perdes Pelelangan Asset Desa

g. Perdes Pengelolaan Asset

h. Perdes SOTK

i. Perdes Penghasilan Kades dan Perangkat Desa

2. Penguatan dan Konsoliasi Kelembagaan (Internal). Yang sudah berjalan antara lain:

a. Rapat rutin BPD setiap hari Minggu pertama setiap bulan.

b. Pemilihan ulang kepengurusan setiap tahun untuk penyegaran dan motivasi kerja

c. Laporan keuangan BPD setiap rapat rutin

d. Pengadaan kelengkapan kerja sekretariat dan anggota seperti pengadaan seragam, buku kerja tiap angggota, buku2 Perda dan lain sebagainya.

e. Penggantian anggota yang mengundurkan diri sesuai mekanisme yang ada.

3. Penguatan fungsi dan peran (eksternal), diantaranya:

a. Mengadakan rapat segitiga plus (dengan Pemdes, LKMD dan perwakilan remaja+PKK) minimal setiap 3 bulan sekali sebagai cara untuk melakukan koordinasi dan evaluasi kinerja Pemdes. Tujuannya adalah mendorong terciptanya Pemerintahan Desa yang Baik (Good Village Governance) dengan membuat, mengevaluasi dan memecahkan masalah-masalah bersama-sama. (sudah berjalan).

b. Penjaringan aspirasi melalui penyediaan kotak aspirasi, kritik dan saran disetiap Kadus. Menyediakan nomor telepon khusus BPD (hotline) untuk menampung sms/telpon. (sudah berjalan)

c. Rencana penjaringan aspirasi melalui pertemuan langsung ke setiap Kadus belum dapat berjalan.

4. Dalam rangka pembuatan Perdes yang aspiratif dan demikratis, akan dilakukan publik hearing. Selain itu, draft Perdes akan ditempel pada papan-papan informasi.

5. Pembuatan papan informasi yang dipasang dimasing-masing Kadus dan disandingkan dengan kotak aspirasi/saran/ktirik. Papan informasi ini akan menampung segala tulisan, daft2 Perdes, jawaban-jawaban dari kotak aspirasi, laporan keuangan, kegiatan2 desa dan lain-lainnya. (sedang dalam proses penyelesaian pembuatan).

6. Melakukan studi banding ke desa lain untuk ngangsu kawruh jika diperlukan (dan ada anggaran).

Demikian sekilas mengenai BPD Desa Peniron. Mohon masukan demi perbaikan dan kemajuan kami.

14 Komentar (+add yours?)

  1. Gareng Cilik
    Nov 10, 2008 @ 16:33:28

    BPD Peniron kayane wis berfungsi temenan yaah, duwe visi misi sing jelas, jajal nyong tek takon2 nang watulawang ngesuk, :) tapi kayane nang watulawang, BPD malah wedi maring lurah mbok :)

  2. Suhar
    Des 06, 2008 @ 12:05:20

    BPD Peniron juga durung mlaku kok Kang. Tembe latihan ngadeg be tiba bae. Ora ana sing gelem nitah Kang. Kurang gizi mening, dadi mlakune ya mandan sue.

    ALon-alon lah, nang ndesa angel nek kon cepet mlaku. Gizi dan lingkungan kurang mendukung.
    Nang Peniron wong idealis si akeh banget. Tapi idealisme ne kurang diimbangi karo visi, dadine ya bingung nek ditakoni kudu kepriwe. Asal mlaku karo wani tok.

    Termasuk misi dan visi BPD, ternyata tidak segampang ketika diimplementasikan karena terkendala SDM2 yang tidak visioner itu. Termasuk juga, kita terlalu sangat lama dikondisikan oleh sistem yang tidak mendukung untuk menjadi manusia yang berpikir kreatip dan mandiri. Dadi ya alon-alon itu adanya. Hehe

  3. Gareng Cilik
    Des 09, 2008 @ 15:45:03

    seneng kiye aku angger dopokan karo rika, ujarku omongane kepenak di maksud, merguyokna, tapi tepat sasaran kaya kuwe, ya moga2 nyong bisa nyonto rika gole ngomong, mbok menawane mengko di ndel karo prawan, hahahaha

  4. Suhar
    Des 10, 2008 @ 15:14:22

    @Kang Gareng, halah rika koh ya ndadak ngalem barang. Aja kaya kue Kang. Nyonto sing lewih maen bae nang Jakarta kan akeh wong pinter. Nyonto aku malah jenenge ora ana kemajuan. hehe

  5. Subhadi
    Apr 01, 2009 @ 11:56:52

    Mas Minta dong Contoh Perdes .
    Kami Dari Desa didaerah Riau

  6. Suhar
    Apr 01, 2009 @ 12:21:22

    Oh ya Mas, nanti saya sisipkan di halaman ini. Tunggu aku cari filenya dulu..

  7. ricky
    Agu 24, 2009 @ 12:11:28

    mas tolong contoh file perdesnya n proses pembuatanya kalo bisa mas buat referensi…

  8. DHITA
    Feb 18, 2010 @ 08:31:48

    MET. PAGI. SLM SEJAWAT DARI BPD DESA TAMBAK. BANTEN. SEMOGA PADA TAHUN INI BPD MAKIN EKSIS, DAN PERANYA SEMAKIN KENTARA DENGAN SDM YG MUMPUNI. BOLEH MINTA COPY FILE TTG PERDES NYA, KIRIM KE AD. E-MAIL,SAYA.,THX. BRAO BPD

  9. DHITA ROSE
    Feb 18, 2010 @ 08:33:35

    MET. PAGI. SLM SEJAWAT DARI BPD DESA TAMBAK. BANTEN. SEMOGA PADA TAHUN INI BPD MAKIN EKSIS, DAN PERANYA SEMAKIN KENTARA DENGAN SDM YG MUMPUNI. BOLEH MINTA COPY FILE TTG PERDES NYA, KIRIM KE AD. E-MAIL,SAYA.,THX. BRAVO BPD

  10. Ichsan Ibnu Ilyas
    Mar 04, 2011 @ 02:24:34

    ASSALAMU’ALAIKUM WR WB

    perkenalkan nama saya Ichsan Hardiyanto, SH (wakil ketua BPD Ds. Simo Kec. Simo Kab. Boyolali Prop. Jateng.
    sangat bagus profile bpd desa anda.
    alhamdulillah bpd ds simo dipilih berdasarkan aklamasi dr rt2 1 kadus yg kmd diteruskan dg aklamasi di tk ds dr perwakilan rt yg mewakili kadus. akhirnya ditemukan pola anggota bpd yg dicalonkan mewakili per kadus msg2 yg ada dan ada pembedaan jumlah dr setiap kadus tergantung trdr dr brp dk dlm 1 kadus. dk yg byk kadusnya diwakili 2 org dg pertimbangan jml penddk.
    periode sblmnya pemilihan diwarnai politik suap.
    sy menggantikkan kakak ipar sy,,,upz tp tdk ada main mata loh.
    memang tupoksinya berbeda tp sbnarnya kekuatannya tetap sama kalo kita mpy strategi dlm bekerja.
    memang sempat ada kevakuman bahkan stagnan di lembaga bpd ds simo krn mantan ketuanya”nakal”. kami kecolongan krn dlm proses pemilihan ketua kami sandarkan dg sandar paling tua, tokoh agama, imam masjid….ternyata dlm sepak terjangnya jauh dr agama. istilah jawanya JARKONI: ISO NGAJAR ORA ISO NGLAKONI. NO ACTION TALK ONLY.
    Sbnrnya dlm proses awalnya sy yg trpilih tp sy berkilah sy msh muda dan agak tempramental (pemarah)…sy sempat disalahkan sama kwn2 ..coba dl km mau nggak spt ini jdnya..sy jwb sy akui,,,tp gimana nasi sdh jadi bubur ayam…(yaa dimakan…hehe…guyonan).
    alhamdulillah stlh resshuffle cabinet,,, mulai ada dinamisasi ke arah positive progressive ( perubhn yg lbh baik), BUKTINYA : KADES KAMI BARU SAJA DIPERIKSA INSPEKTORAT KRN MENYIMPANG DANA DESA BAIK YG DR ADD ATAUPUN PAD. INI TERBONGKAR STLH KAMI KOREKSI APBDES. SLM INI TDK TERCIUM KRN KETUA SLL MENUTUP2I.
    AKHIRNYA KEUANGAN DESA YG DISLWNGKAN TERDETEKSI. KITA TINGGAL MENUNGGU KEPUTUSAN BUPATI TENTG INI, TP KITA SDH MENYAMPAIKAN MELALUI CAMAT, KABAG PEMDES, SETDAKAB, KOMISI 1 DPRD KAB BOYOLALI BAHKAN MELALUI DIPLOMASI POLITIK ( SY JG WKL.SEKJEND DPD PAN KAB. BYL—BARU SAJA GAGAL NYALEG DPRD) DG MENGHADAP LANGS BUPATI DAN WKLNYA BHW KEPUTUSAN REMBUG DESA…DLM PLENONYA MASY MENGHENDAKI KADES MUNDUR. APBL PUBLIC POLICY DR BUPATI TDK MUNDUR KAMI AKAN MELAKUKAN LANGKAH LAIN YAITU KE KAJARI BYL MELALUI KASI PIDSUSNYA ATAU KE POLRES BYL MELALUI SERSE UNIT TIPIKORNYA.
    MAKANYA KAWAN2 SESAMA BPD YG ADA DISELURUH NUSANTARA BAHWA BPD HRS 1 LANGKAH DI DEPAN/ LBH MAJU DRPD KADES, SEKDES ATAU PERDES..(BKN PERATURAN DESA TP PERANGKAT DESA) KRN KITA DIBERI AMANAH OLEH MASY YG KITA WAKILI.
    BPD BUKAN LADANG MENCARI UANG TP PENGABDIAN.
    KITA MULAI GOOD GOVERMENT AND GOOD GOVERNANCE DARI DESA…
    ANKHOIRUNASSY ANFA’UHUM LINNASSY ( SEBAIK2NYA MNS ADLH MNS YG BERMANFAAT BG MNS LAINNYA.
    CONTACT PERSON :
    1. 081268031099
    2. 081578350017
    3. 085642121973
    4. 02763294647

    WASSALAMU’ALAIKUM WR WB

  11. Ichsan Ibnu Ilyas
    Mar 04, 2011 @ 02:44:45

    OH IYA KANG SUHAR KALO MAU NANGGAP WAYANG SAYA TEMEN AKRAB DALANG TENGKLENG….KI ANOM KENAL KRN ANAKNYA TEMEN KULIAH SAYA,,, KALO SAMA BU RUSTRINGSIH WAGUB JATENG YG MANTAN BUPATI KEBUMEN SY JG SRG KONTAK KRN KITA SAMA2 DI ORMAS NASDEM

  12. jay ginting
    Mei 21, 2011 @ 19:47:01

    salam kenal,nama saya jaya ginting,anggota bpd raya,berastagi tanah karo,saya minta tolong informasi mengenai contoh perdes,APBDes,karena dalam menjalankan fungsi,hak dan kewajiban BPD di desa kita,belum benar,masih sering tidak sejalan dengan uu 32 2004 dan PP 72 2005,

  13. duka
    Jul 23, 2011 @ 03:37:29

    masih ada yang keliru
    Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa

  14. Komarudin hdyt
    Nov 25, 2011 @ 06:55:36

    Semoga Desa Lemahduwur segera dpt mencontohnya,saya hanya seorg warga hanya bisa mengontrol dan mengawasi..
    Owh iya diatas ada anggota bpd yg namanya agus khamim,apa benar beliau ini menantunya Bpk H.Jawahir ketua BPD Lemahduwur..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: